Jumat, 12 November 2010

Kisah Depresi anak SMP

Kemarin ada anak smp pemerintah yang datang ke Puskesmas seputih banyak karena pingsan mendadak. Setelah kami (perawat rawat inap) telusuri ternyata anak tersebut pingsan akibat depresi karena disidang diruang guru BP karena kesalahanya yang wajar/bolos.
Dan penyebab kenakalan anak tersebut dikarenakan broken home,orang tuanya sedang dalam proses bercerai.
Seharusnya saat ini dunia pendidikan baik tingkat sltp maupun slta sudah memiliki program bidang studi Psikologis sebagai mata pelajaran,jadi sebelum menuntut anak murid agar berprestasi lihat dulu jiwa anak,kemana arah minat dan bakatnya dan kendala apa saja yang dihadapi oleh siswa,dan agar anak-anak yang bermasalah dapat dibina dan mendapatkan kembali motivasi,mendapatkan kembali kepercayaan diri untuk melanjutkan pendidikan,bukan dibiarkan atau malah dimarah.
Hal ini merupakan cambuk bagi kinerja guru yang telah mendapatkan berbagai fasilitas dari pemerintah berupa gaji 13,sertifikasi yang gajinya sama dengan 2x lipat,dana bos,tetapi kenapa Profesionalitas guru masih dibawah standar yang diharapkan. Oleh sebab itu kami harapkan kepada pihak terkait khususnya Dinas Pendidikan agar dapat memperbaiki kwalitas tenaga pendidiknya agar fasilitas yang telah diberikan oleh negara dapat tepat sasaran,efektif,dan menjadikan pengajar lebih profesional.

Tidak ada komentar: